Minggu, 03 Juni 2012

Kinematika Gerak Lurus

PERSAMAAN DUA DIMENSI

Persamaan gerak dalam dua dimensi digambarkan menggunakan fungsi dalam vektor, misalnya vektor posisi digambarkan sebagai bagian dari koordinat X dan Y menjadi :


\vec{r} = xi + yj

Jika terdapat dua koordinat masing-masing \vec{r_{1}}= x_{1}i + y_{1}j dan \vec{r_{2}} = x_{2}i + y_{2}j
maka vektor perpindahannya adalah \Delta \vec{r} = (x_{2}-x_{1})i + (y_{2}-y_{1})j atau dapat pula dinyatakan sebagai \Delta \vec{r} =  {\Delta x}i + {\Delta y}j
Perlu anda ingat bahwa perpindahan adalah perubahan posisi.

Vektor Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan didefinisikan sebagai perubahan posisi setiap satuan waktu, sehingga secara vektor, fungsi kecepatan ini dituliskan sebagai v = \frac {\Delta r}{\Delta t}
maka fungsi kecepatan dapat dituliskan sebagai v = \frac {\Delta x}{\Delta t}i + \frac {\Delta y}{\Delta t}j
karena {\Delta r} = {\Delta x}i + {\Delta y}j

Fungsi di atas hanya digunakan untuk menentukan vektor kecepatan rata-rata
Adapun Fungsi kecepatan sesaat dinyatakan menurut fungsi v = \frac {\delta r}{\delta t} yang dapat pula dituliskan sebagai v = \frac {\delta x}{\delta t}i + \frac {\delta y}{\delta t}j
atau
v = \frac {\delta v_{x}}{\delta t}i + \frac {\delta v_{y}}{\delta t}j
v_{x} menyatakan komponen kecepatan pada sumbu X dan v_{y} menyatakan komponen kecepatan pada sumbu Y.
fungsi \frac {\delta}{\delta t} menyatakan laju perubahan atau diferensial/ turunan
Simulasi Gerak Orang Berjalan :


Simulasi Gerak 2D :

Simulasi Gerak Peluru :
Projectile Motion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar